Iklan

Iklan

,

Iklan

Visitasi Tim Asesor BAN S/M ke SMPIT Izzatul Islam Getasan

Redaksi
Minggu, 26 Agustus 2018, 01:38 WIB Last Updated 2018-08-25T18:38:35Z
Ungaran,harian7.com - Dua Asesor dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) Sekolah atau Madrasah Provinsi Jawa Tengah, melakukan visitasi ke SMPIT Izzatul Islam Getasan, Kamis-Jumat (23-24/8/2018). Visitasi ini dilakukan dalam rangka akreditasi yang bertujuan untuk mengevaluasi dan memberikan penilaian terhadap mutu sekolah.

Sutedjo, salah satu asesor mengatakan bahwa visitasi ini sebagai proses pencocokan data yang dikirim oleh pihak sekolah ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tentang evaluasi kelayakan mutu sebuah lembaga pendidikan. Data tersebut dikirimkan oleh sekolah melalui aplikasi yang disediakan oleh BAN S/M, yaitu Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Sekolah Berbasis Web (Sispena).

“Kami ditugasi oleh kementerian untuk melakukan pencocokan data dan melihat buktinya terhadap data yang dikirim oleh sekolah melalui Sispena. Benar-benar cocok atau tidak,” kata Sutedjo.

Baca Juga:
Asian Games 2018, Tim Cabang Olahraga Tenis Berhasil Raih Mendali Emas

Kapolres Magelang Turut Meriahkan Karnaval "Pitulasan" se Kecamatan Muntilan

Lebih lanjut ia menjelaskan,  setidaknya ada 124 butir pertanyaan yang harus disediakan dan dibuktikan oleh sekolah dari 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).
“Untuk jenjang SMP/MTs, setiap sekolah harus menyediakan dan membukti jawaban untuk 124 butir soal yang tercantum dalam instrumen akreditasi,” lanjut Sutedjo.

Sementara itu, Suyoko asesor yang lain menginformasikan bahwa bagi sekolah yang sudah akreditasi maka untuk pelaksanaan Ujian Nasional (UN) bisa dilaksanakan sendiri tanpa harus menginduk ke sekolah lain. Ia berharap kegiatan visitasi berjalan lancar dan meraih hasil yang diharapkan.

“Jadi, kalau nanti sekolah sudah diakreditasi, untuk UN tahun ini bisa dilaksanakan sendiri tanpa harus menginduk ke sekolah lain,” kata Suyoko.

Terpisah Muniroh, Kepala SMPIT Izzatul Islam Getasan mengatakan bahwa visitasi ini merupakan pertama kali di SMPIT Izzatul Islam. Sejak berdiri pada tahun 2014, sekolah ini sudah meluluskan dua kali angkatan dengan prestasi peringkat ke-6 dan ke-3 UN SMP/MTs se-Kabupaten Semarang.

“Ini untuk pertama kalinya, SMPIT Izzatul Islam diakreditasi oleh BAN S/M. Kami berharap bisa meraih akreditasi dengan nilai A,” kata Muniroh.

Untuk diketahui, diketahui bahwa sekolah bisa meraih nilai akreditasi A jika berhasil meraih nilai di atas 90. Nilai itu didapat dari 8 SNP meliputi Standar Isi, Proses, Kelulusan, Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Sarpras, Pengelolaan, Pembiayaan, dan Penilaian.(M.Nur/Dwi P)

Iklan