Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Serunya, 10 Pinang Turut Meriahkan HUT RI Ke 73

Redaksi
Jumat, 24 Agustus 2018, 22:59 WIB Last Updated 2018-08-24T16:07:38Z
Cilacap, Harian7.com- Dalam rangkaian memeriahkan HUT RI ke 73, Pemerintah Kabupaten Cilacap menggelar lomba panjat pinang (pucang) untuk umum.

Panjat pinang dibuka Wakil Bupati Cilacap, Jum'at (24/08/2018) di halaman kantor Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Cilacap dihadiri Forkompimda Cilacap.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Aulia Rachman mengatakan untuk menuju keberhasilan, maka diperlukan perjuangan dan kerjasama.

"Demikian juga para pejuang kita saat merebut kemerdekaan RI juga ada perjuangan dan kerjasama, sehingga Indonesia bisa mencapai kemerdekaannya," katanya.

Baca Juga :
Polsek Cilacap Selatan Periksa Warga Yang Meninggal Mendadak, Hasil Pemeriksaan Sakit Jantung

Sekitar satu jam puang no 3 dari Kelurahan Tritih Kilon berhasil dipanjat, disusul pinang no 8 dari Kelurahan Mertasinga dan pinang no 4 dari Kelurahan Gumilir.
Saat ditemui Ketua HUT RI ke 73 tingkat Kabupaten Cilacap, Tri Komara mengatakan lomba panjat pinang (pucang) ini diikuti oleh warga masyarakat di wilayah kota atau eks Kotip Cilacap.

"Ini merupakan hiburan masyarakat dengan motivasi untuk menggapai kesuksesan harus melalui perjuangan yang keras, banyak yang terjatuh atau melorot, tapi sudah ada 4 yang sudah sampai puncak," katanya.

Satu pucang, menurutnya ada beberapa hadiah seperti sepeda, kompor gas, kipas angin dan lain-lain dengan nilai uang mencapai Rp 6.000.000,- untuk dibagikan ke satu tim yang terdiri dari 7 orang.

"Khusus juara 1, bapak Wakil Bupati Cilacap memberikan bonus uang, ada 7 amplop, tapi nominalnya berapa saya tidak tahu," imbuh Tri Komara.

Dia menambahkan untuk lomba panjat pinang (pucang) ini setiap tahun kita upayakan, karena ini lomba tradisional yang bisa menghibur masyarakat.

Selain itu, ungkapnya besok sore atau malam minggu, bagi warga masyarakat yang senang wayang kulit untuk datang ke alun-alun Cilacap. Kami akan menghadirkan ki dalang Gino Sutopo dari Binangun dengan lakon Dewa Ruci.

Sementara, Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Aulia Rachman menyatakan panjat pinang ini untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 73. Mereka yang kompak, mereka yang secara bahu membahu bisa sampai yang pertama, itulah perjuangan.

Oleh karena itu, imbuhnya perjuangan itu kita maknai dalam panjat pinang ini. Kemudian kita seluruh masyarakat Kabupaten Cilacap untuk semangat membangun, mengisi kemerdekaan dan meneruskan perjuangan.

"Apapun profesinya, apapun pekerjaan kita, mari kita niatkan yang baik untuk membangun Indonesia lebih baik dan Cilacap yang lebih baik," pungkasnya. (Rusmono)

Iklan