Iklan

Iklan

,

Iklan

Karnaval Mobil Hias Meriahkan HUT RI ke-73 di Cilacap

Redaksi
Selasa, 21 Agustus 2018, 12:28 WIB Last Updated 2018-08-21T05:28:05Z
Cilacap, Harian7.com - Karnaval mobil hias dalam rangka merayakan peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI kembali digelar di Kabupaten Cilacap, Senin (20/8/2018) pagi kemarin.

Karnaval diikuti oleh 95 peserta dengan 185 kendaraan dan 1.515 personel tersebut dilepas Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji di kawasan Stadion Wijayakusuma, Gumilir, Cilacap, mulai pukul 10.00 WIB.

Dengan start di Jalan Setiabudi, karnaval menempuh rute Jalan Perintis Kemerdekaan, Gatot Subroto, S Parman, Jenderal Soedirman, dan finish di Lapangan Eks-Batalyon.

Kegiatan ini mampu menimbulkan antusiasme masyarakat. Terbukti, sepanjang rute pengunjung tampak berjubel dan memenuhi jalan protokol sepanjang 5 kilometer itu.

Juga beragam variasi mobil hias yang menyuguhkan tema kekinian dan tampilan visual sejarah membuat pengunjung mengelu-elukan para peserta.

Terlebih saat melewati panggung kehormatan di mana para pejabat Forkopimda serta Bupati Cilacap menyaksikan karnaval ini.

Dari pantauan, rata-rata peserta mengusung tema Asian Games 2018 serta Pancasila. Setidaknya ada 2-3 kendaraan menampilkan burung garuda yang merupakan lambang negara.

Pernak-pernik gempita Asian Games yang kini sedang berlangsung di Jakarta dan Palembang juga banyak ditampilkan.

Yang menarik adalah tampilan dari komunitas jip Cilacap. Jip-jip lawas yang ikut karnaval dibiarkan jalan sendiri tanpa pengemudi. Hal ini sempat menimbulkan tanda tanya pengunjung.

Juga atraksi barongsai naga bergola yang ditampilkan oleh Pemuda Pancasila, salah satu peserta dengan jumlah personel dan kendaraan terbanyak.

Menurut penanggung jawab karnaval yang juga Kabid Pertanahan pada Disperkimta Cilacap Hari Winarno mengungkapkan, karnaval ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-73 Kemerdekaan RI, yang terbagi dalam tiga kategori, yakni kategori sekolah dan perguruan tinggi, kategori BUMN, swasta, LSM, ormas, dan umum, serta dinas instansi, SKPD, instansi pusat di Cilacap, dan instansi provinsi di Cilacap.

"Adapun kriteria penilaian ada tiga yaitu kesesuaian tema, ketertiban, dan artistik," imbuhnya.

Dia menjelaskan, pihaknya menyiapkan tiga juara untuk tiga kategori dengan total hadiah sebesar Rp 20 juta. Juara pertama Rp 5 juta, juara kedua Rp 3 juta, dan juara tiga Rp 2 juta. (RUS)

Iklan