Iklan

Iklan

,

Iklan

Dukuh Karangpung Kunduran Peringati HUT Kemerdekaan Diisi Berbagai Lomba

Redaksi
Selasa, 21 Agustus 2018, 12:45 WIB Last Updated 2018-08-21T05:45:31Z
Blora, harian7.com - Ragam cara dilakukan masyarakat Indonesia dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, mulai dari upacara penaikan dan penurunan bendera, pesta rakyat hingga ke perlombaan tradisional dilaksanakan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh warga di kampung Dukuh Karangpung Desa Plosorejo, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora, tepatnya di persawahan milik warga, dimana anak-anak dan orangtua asik merayakan hari kemerdekaan dengan berbagai lomba yang menarik.

Dari pantauan di lapangan, salah satu lomba yang menarik perhatian warga yakni lomba panjat pinang dengan menggunakan pelapah pisang yg panjangnya 2,5 meter yg digantung,dan dibawahnya dikasih air,tapi yang mengikuti kaum Bapak Bapak,mulai dari RT dan warganya, Memang terdengar biasa, namun yang membuatnya spesial adalah setiap peserta wajib tidak mengenakan baju dan celana pendek yg tidak berbahan kain levis,dan harus mampu naik keatas mengambil satu bendera dalam  pelaksanaannya.

Salah satu warga Karangpung Koseri mengatakan, memang setiap tahun di lingkungan tempatnya tinggal dilaksanakan lomba untuk memeriahkan HUT RI tersebut. Namun diakuinya, baru tahun ini dilaksanakan lomba lebih meriah padahal hadiahnya tidak seberapa cuma sabun mandi,sabun cuci.

“Yang penting semangat kemerdekaan Kalau bukan kita yang memeriahkannya, siapa lagi,” ujar warga, Minggu(19/8).

Masih dalam perayaan yang sama salah satu RT Laseno sebelum mengikuti perlombaan, perlombaan sudah ada dari hari kemarin,yang dilaksanakan oleh ibu ibu yaitu lomba Goyang Holik.

Bahkan ada juga lomba untuk anak anak saling pukul duduk dibambu diatas air menggunakan dengan guling,tidak diperbolehkan pukul kepala,dan yang jatuh kedalam air itulah pemenangnya.

“Ya kita banyak lomba-lomba seperti joget bapak bapak, pukul guling,goyang holik ibu ibu,yang paling unik ialah lomba tarik panjat pelapah pisang,yang kelihatanya pendek tapi untuk dipanjat sulit sekali, Ini juga untuk menarik perhatian masyarakat untuk meramaikan hari kemerdekaan ini,” pungkasnya.(lilik/Bambang).

Iklan