Iklan

Iklan

,

Iklan

Tiga Kepala Sekolah SMA / SMK Di Jateng Terancam Dicopot Terkait SKTM

Redaksi
Rabu, 11 Juli 2018, 22:05 WIB Last Updated 2018-07-11T15:05:55Z
Semarang, harian7.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ancam bakal mencopot jabatan Kepala Sekolah  SMA/SMK yang diketahui tidak melakukan verifikasi Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) untuk mendaftar sekolah, setelah tiga Kepala Sekolah diperingatkan.

Ganjar menuturkan,  tiga Kepala Sekolah tingkat menengah atas dan kejuruan yang diketahui tidak melakukan verifikasi terhadap SKTM. Ketiga sekolah itu jumlah pendaftar yang menggunakan SKTM mencapai 100%.

"Saya sudah tegur beberapa kepala sekolah yang tidak melakukan verifikasi. Bahkan saya peringatkan. Mereka kalau tidak mau jadi kepala sekolah, berhenti saja," ujarnya.

Dikatakan Ganjar,  jabatan mereka bisa juga dicopot, yang mendapat teguran itu Kepala SMAN Mojogedang Karanganyar, Purwadi, Kepala SMAN 1 Blora, Mariya dan Kepala SMKN 1 Purwokerto, Asep Saeful Anwar.

Bahkan, lanjutnya, ketiga kepala sekolah itu berdalih tidak melakukan verifikasi karena tidak ada dasar tertulis dari Dinas Pendidikan setempat.

Tidak hanya mencopot, Ganjar juga mengancam akan memidanakan bagi siapa saja yang terlibat jual- beli SKTM dalam Penerimaan Peserta Didik Baru tingkat SMA/SMK.

"Kalau ada yang terlibat jual beli SKTM dalam proses PPDB akan saya pidanakan. Namun saya tidak terburu-buru, akan saya didik dan bina lebih dulu," tuturnya.

Menurutnya, Dengan banyaknya penyalahgunaan SKTM dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK negeri di Jawa Tengah, pihaknya telah meminta panitia PPDB dan sekolah untuk segera melakukan verifikasi ulang data calon siswa yang menggunakan SKTM sebelum PPDB tersebut diumumkan.

"berdasarkan data yang diterima jumlah calon siswa yang sudah dicoret, karena terindikasi menggunakan SKTM “abal-abal” dan tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya mencapai ribuan calon siswa," pungkasnya. (Ndi)

Iklan