Iklan

Iklan

,

Iklan

Tingkatkan Disiplin, Linmas Tegalrejo Dapat Pelatihan Kecakapan dan Ketrampilan

Redaksi
Rabu, 23 Mei 2018, 02:32 WIB Last Updated 2018-05-22T19:32:32Z
MAGELANG, harian 7.com - Guna meningkatkan Kecakapan dan ketrampilan Linmas Desa / Kecamatan Tegalrejo,Kabupaten Magelang,  mengadakan pembinaan dan pelatihan kepada 63 Linmas atas perwakilan dari semua Desa yang berada di wilayah kecamatan Tegalrejo, selasa (22/05/18).

Kegiatan pembinaan Linmas  tersebut juga di hadiri  Camat Tegalrejo Muhtasor, S. Sos, Danramil 09 Kapten Inf Sunarto, Kapolsek Tegalrejo yang diwakili Ipda Suhartoyo, pelatihan tersebut bertujuan untuk menambah kemampuan anggota linmas supaya dalam pelaksanaan tugasnya di lapangan akan lebih baik,  dan apabila menemukan permasalahan di Desa supaya dapat menyelesaikan permasalahan yang di hadapi dengan tepat dan juga sesuai prosedur dan porsinya.

Adapun materi yang di latihkan dalam kegiatan tersebut diantaranya latihan cara menghadapi apabila terjadi bencana alam, mengambil tindakan apabila terjadi pencurian dan tindakan kriminal lainnya juga latihan sikap dan ketangkasan salah satunya dengan latihan PBB.

Dalam sambutannya Camat Tegalrejo mengatakan, " Salah satu fungsi Linmas adalah penggerak Pengamanan di tengah-tengah masyarakat yang harus mempunyai kepribadian yang tangguh, disiplin dan menjadi suri tauladan.  saya harapkan anggota Linmas yang ada di wilayah Tegalrejo bisa membaur  dengan kelompok-kelompok masyarakat guna terciptanya situasi yang aman dan koondusif, apalagi sebentar lagi akan ada Pilkada serentak diharapkan untuk mandiri bisa menjaga situasi dan kondisi tetap aman,"  paparannya dihadapan puluhan kepada anggota Linmas yang hadir dalam kegiatan tersebut.

" Selain itu, linmas  juga bertugas melaksanakan perlindungan masyrakat dalam rangka penanggulangan dan mengambil langkah jika di Desanya sewaktu-waktu terjadi bencana  seperti gunung meletus, tanah Longsor dan lain sebagainya," pungkasnya.

Diharapkan Sebagai seorang anggota linmas harus mempunyai sikap yang baik karena linmas merupakan aparat Desa yang bersentuhan dengan masarakat langsung, serta dalam penampilan linmas harus selalu rapi dan penuh semangat untuk menunjukkan bahwa linmas siap untuk melayani masyarakat.

Sementara Danramil 09/Tegalrejo Kapten Inf. Sunarto  dalam arahannya menyampaikan "Anggota Linmas harus mengerti dengan tugasnya sebagai pelindung masyarakat baik dalam penanganan permasalahan yang timbul dengan kekeluargaan maupun cara pencegahan preventif di dalam lika-liku kehidupan di masyarakat supaya kedepannya lebih baik dan tidak menimbulkan gejolak dikemudian hari." Jelasnya.

Selain itu, salah satu modal pokok guna menjaga ketentraman masyarakat apabila terjadi sesuatu agar melapor kepada Babinsa atau ke pihak Polsek dan Kecamatan, agar dapat dengan cepat dalam menindak lanjuti.


Sunarto, menambahkan. "Disamping tugas2 diatas tentunya linmas harus mempunyai perilaku yang tegas dan tangkas serta berpenampilan rapi dalam berpakaian tidak hanya itu saja setiap Linmas harus bisa melaksanakan baris berbaris ( PBB) yang nantinya akan dilatih." Tegasnya.


Oleh karena itu linmas didalam penanganan harus  ikhlas tanpa pandang bulu dalam mengayomi masyarakat dan jangan sampai terpecah belah serta  berperan aktif dalam menjaga kerukunan warga harapan dari Muspika Kecamatan Tegalrejo Semoga dengan adanya pembinaan linmas akan menjadikan motifasi dalam menjalankan tugas semakin semangat dalam menjalankan tugas-tugasnya di masyarakat dan mampu menciptakan keseimbangan dalam menciptakan ketertiban dan keamanan khususnya. (Ady Prasetyo)

Iklan