Oknum Kades Sebut Wartawan/LSM Yang Masuk Kabupaten Semarang Harus Kulonuwun ke LSM PKP, Dinilai Telah ‘Over Lap’

UNGARAN, harian7.com – Beredarnya pesan WhatsAp (WA) yang ditulis LLK, salah satu kepala desa (Kades) di salah satu desa di wilayah Kecam...

UNGARAN, harian7.com – Beredarnya pesan WhatsAp (WA) yang ditulis LLK, salah satu kepala desa (Kades) di salah satu desa di wilayah Kecamatan Bawen dan telah menyebar, membuat beberapa wartawan dan aktifis LSM di Kabupaten Semarang gerah. Pesan dalam WA tersebut berbunyi : “Khususnya di Kab Smg, karena selalu komunikatif, moga wartawan/LSM yg masuk Kab Smg dan tidak kulanowun sama PKP ya tau sendiri lah….”. Bahkan, LLK juga memamerkan kartu pers dari majalah lokal ‘ID’.

          LLK yang dikonfirmasi harian7.com melalui pesan WA, menyatakan bahwa apa yang dilakukannya itu hanya candaan dirinya di group Warta PKP dan sengaja dibawahnya ada foto LLK. Candaan itu sebetulnya tidak untuk disampaikan ke pihak atau group lain.

          Saat ditanyakan sebagai kepala desa aktif apakah juga dapat bebas menjadi wartawan aktif…?, LLK mengaku jika terkait dengan aturan apakah boleh atau tidak, dirinya kurang memahami. Pada prinsipnya, mendapatkan kartu per situ sifatnya hanya untuk memberikn informasi kepada majalah ID. Khususnya terkait dengan desanya dalam berperan aktif memajukan desa lewat pemberitaan di majalah ID.

          “Untuk aturannya, apakah boleh atau tidak seorang kades aktif menjadi wartawan, saya sendiri kurang paham,” ujarnya

          Ketika ditanyakan kalimat “…wartawan/LSM yang masuk Kabupaten Semarang dan tidak kulanuwun sama PKP ya tau sendiri lah….., LLK menganggap hal itu hanya candaan belaka. Bahkan, saat ditanyakan apa maksud dan tujuan ‘mengumbar’ kalimat itu, LLK mengaku itu hanya khusus pesan di group WA PKP.

          “Terus terang, kalimat itu hanya candaan khusus di group WA PKP dan bukan untuk disampaikan kepada pihak atau group lain,” kata LLK dalam pesannya melalui WA kepada harian7.com, belum lama ini.

          Sementara, Ketua LSM PKP (Pencegahaan Korupsi & Pungli) Suyana melalui Juru Bicara LSM PKP, Supardi menyatakan, bahwa kalimat yang dibuat LLK itu bisa saja hanya opini seorang kepala desa (Kades). Bahkan, LSM PKP sendiri sama sekali tidak pernah memberikan statement tersebut. Pihaknya, menduga hal itu merupakan adanya hubungan emosional antara LLK dengan LSM PKP.

          “Intinya, ungkapan yang dibuat LLK yang merupakan seorang kades sudah ‘over lap’. Harusnya, sebagai kepala desa tidak perlu menyebut LSM PKP. Hal ini dinilainya sudah salah, karena sama sekali tidak ada koordinasi dengan LSM PKP,” jelas Supardi kepada harian7.com, ketika ditemui di Kantor LSM PKP di Lopait, Tuntang, Kabupaten Semarang.

          Sedangkan beberapa wartawan sangat menyayangkan ungkapan tersebut. Harusnya, seorang kepala desa tidak perlu seperti itu, meskipun ada hubungan khusus dengan LSM PKP. Atau, kepala desa tersebut merasa bangga, dengan memiliki kartu pers dari majalah ID. Hal itu patut dipertanyakan, ataukah dengan memamerkan kartu pers dan menyebut LSM PKP tersebut merasa aman. Karena ada yang ‘membackinginya’, ini yang harus ditelusuri.

          “Bagi saya, kalimat dalam pesan WA yang menyangkut kata wartawan/LSM tersebut, saya nilai sebagai bentuk ancaman. Sebagai kades aktif, hal itu saya nilai merupakan bentuk arogan yang mungkin merasa aman dengan memiliki kartu pers dan menyebut LSM PKP. Ini tidak dapat dibiarkan, bahkan patut dipertanyakan loyalitasnya sebagai sebagai seorang kades,” tandas Budi W, salah seorang wartawan di Kabupaten Semarang. (Heru)

COMMENTS

Nama

ARUS MUDIK,12,BANJARNEGARA,1,BANTUL,1,BANYUMAS,1,BERITA DAERAH,66,BERITA FOTO,5,BERITA TERKINI,3355,BIRO KEDU,42,BISNIS,17,BOYOLALI,18,Budaya,11,DEMAK,2,EKONOMI,1,EKONOMI DAN BISNIS,16,FINANCE,3,GAYA HIDUP,20,HARIAN NASIONAL,27,HIBURAN,19,HIDUP SEHAT,1,IKLAN,1,INTERNATIONAL,11,INVESTIGASI,3,JAMBI,4,JATENG,1,JATENG NEWS,19,JATIM,1,JOGJA,8,KABAR DESA,8,KABAR PILKADA,35,KABAR POLISI,136,KENDAL,3,KRIMINAL,48,KUDUS,1,KULINER,15,LAKA LANTAS,2,Life Style,2,MAGELANG,231,MITOS,2,MITRA POLISI,1,MUDIK,3,NASIONAL,104,NEWS,5161,NEWS FOTO,13,NTT,6,OLAHRAGA,2,PANTURA,2,PEMILU,22,PENDIDIKAN,85,PERISTIWA,74,PILPRES,27,POLITIK,125,Purwodadi,2,SALATIGA,2139,SELEB,12,SEMARANG,586,SOLO RAYA,24,SOSOK,6,SPORT,4,SULAWESI,243,SUMUT,12,TEMANGGUNG,57,TIPS BUNDA MUZA,3,UNGARAN,1126,VIDEO,11,WARTA PEMBACA,25,WISATA,2,WONOSOBO,3,
ltr
item
HARIAN7.COM - KABARE WONG JAWA TENGAH: Oknum Kades Sebut Wartawan/LSM Yang Masuk Kabupaten Semarang Harus Kulonuwun ke LSM PKP, Dinilai Telah ‘Over Lap’
Oknum Kades Sebut Wartawan/LSM Yang Masuk Kabupaten Semarang Harus Kulonuwun ke LSM PKP, Dinilai Telah ‘Over Lap’
https://4.bp.blogspot.com/-4EObQkeDr1Q/WwsFdEwyjUI/AAAAAAAAXQg/ba-P-1AsJ-MIZCN0wfIh7k096P20EQKLACLcBGAs/s400/1527448865-picsay.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-4EObQkeDr1Q/WwsFdEwyjUI/AAAAAAAAXQg/ba-P-1AsJ-MIZCN0wfIh7k096P20EQKLACLcBGAs/s72-c/1527448865-picsay.jpg
HARIAN7.COM - KABARE WONG JAWA TENGAH
http://www.harian7.com/2018/05/oknum-kades-sebut-wartawanlsm-yang.html
http://www.harian7.com/
http://www.harian7.com/
http://www.harian7.com/2018/05/oknum-kades-sebut-wartawanlsm-yang.html
true
6540734605408975812
UTF-8
Semua Berita Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All LABEL ARCHIVE PENCARIAN Semua Berita Ops.... Halaman Yang Anda Minta Belum Tersedia Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy