Presiden Resmikan Keramba Jaring Apung ‘Offshore’, Kata Jokowi : Itu Terobosan Untuk Tingkatkan Budi Daya Ikan

Foto: Presiden menuju lokasi keramba jaring apung offshore di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Cikidang, Desa Babakan, Kabupaten Pangandara...

Foto: Presiden menuju lokasi keramba jaring apung offshore di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Cikidang, Desa Babakan, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (24/4). (Foto: Humas/Oji)
Jakarta,harian7.com - Presiden RI Joko Widodo meresmikan sebuah keramba jaring apung offshore, lepas pantai yang  diharapkan akan menjadi sebuah lompatan kemajuan, sebuah terobosan.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Keramba Jaring Apung (KJA) Offshore di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Cikidang, Desa Babakan, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Selasa (24/4).

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan bahwa ini merupakan terobosan pertama di Indonesia, Keramba Jaring Apung Offshore. “Ini kita harapkan menjadi cikal bakal berlipat gandanya nilai tambah dari budi daya perikanan Indonesia,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden juga mengingatkan bahwa 2/3 negara Indonesia adalah air, 70 persen negara Indonesia adalah air, ini yang harus diingat.

“Dan di sini, tadi Ibu Menteri KKP juga sudah menyampaikan bahwa KUD-KUD yang ada di sini nanti dilibatkan dalam keramba jaring apung offshore. Saya tadi diberitahu bahwa keramba jaring apung ini melibatkan KUD nelayan sebanyak 50 orang yang memasok pakan sebagai pakan tambahan,” tutur Jokowi.

Total jumlah orang yang terlibat langsung dalam keramba jaring apung offshore ini, tambah Presiden, antara 215 sampai 250 orang. “Yang tidak langsung, yang terlibat kurang lebih 220 orang. Ini baru satu yang dibangun di sini, nanti akan dikembangkan 2 lagi. Yang 2 juga sudah dikerjakan di Sabang dan di Karimun Jawa,” tambah Presiden.

Lebih lanjut, Jokowi  juga mengajak untuk melihat hasil dari keramba jaring apung offshore yang penebaran benih per tahun bisa lebih banyak, yaitu sekitar 1,2 juta. Hasilnya, lanjut Presiden, produksinya bisa lebih tinggi, yaitu kurang lebih 816 ton per tahun per unit dengan delapan lubang.

“Ini gambarnya seperti itu. Coba bandingkan dengan keramba jaring apung yang biasa yang produksinya hanya 5,4 ton per tahun per unit, ini 816 ton. Lipat berapa coba?Inilah hal-hal yang harus dipelajari oleh nelayan sehingga ada peningkatan kesejahteraan di situ,” tambah Presiden.

Ini, menurut Jokowi, lompatannya akan tinggi sekali. Untuk itu, Presiden meminta betul-betul para nelayan mengikuti perkembangan-perkembangan seperti ini dan harapannya semakin banyak yang terlibat dalam keramba jaring apung offshore ini.

Mengenai pemasaran, Presiden berharap ikan tersebut dapat diekspor ke Timur Tengah, Australia, Eropa, Jepang karena harga ekspor sekarang ini pada posisi yang baik. “Negara-negara yang lain itu sudah kehabisan ikan, negara kita ini masih memiliki peluang untuk meningkatkan produksinya lagi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Presiden juga menggarisbawahi yang disampaikan Menteri Kelautan dan Perikanan yang mengajak untuk menggunakan jaring-jaring yang ramah pada lingkungan.

“Jangan pakai jaring-jaring yang kecil-kecil, sehingga telur kena, ikan-ikan kecil kena semuanya. Anak cucu kita nanti kehabisan, enggak ada ikan-ikan yang harusnya bisa dinikmati oleh anak cucu kita yang sekarang hilang karena apa? Karena jaring-jaring kecil-kecil tadi,” ujar Presiden seraya menanyakan contoh bahwa ikan Kakap Putih yang sudah tidak ada di Pangandaran akan dikembangkan kembali.

Di akhir sambutan, Presiden menyampaikan bahwa keramba jaring apung offshore ini adalah sebuah proses untuk transfer ilmu, transfer teknologi sehingga semua tahu bahwa ada teknologi-teknologi yang bisa memproduksi ikan lebih banyak daripada jaring apung biasa.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim saya resmikan Keramba Jaring Apung Offshore di Kabupaten Pangandaran,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata. (Wan/Setkab RI)

COMMENTS

Nama

ARUS MUDIK,12,BANJARNEGARA,1,BANTUL,1,BANYUMAS,4,BERITA DAERAH,67,BERITA FOTO,6,BERITA TERKINI,3362,BIRO KEDU,47,BISNIS,17,BLORA,19,BOYOLALI,18,Budaya,16,CILACAP,30,DEMAK,2,EKONOMI,2,EKONOMI DAN BISNIS,16,FINANCE,3,GAYA HIDUP,20,HARIAN NASIONAL,27,HIBURAN,21,HIDUP SEHAT,1,IKLAN,1,INTERNATIONAL,11,INVESTIGASI,3,JAMBI,4,JATENG,1,JATENG NEWS,21,JATIM,1,JAWA TIMUR,1,JOGJA,12,KABAR DESA,8,KABAR PILKADA,35,KABAR PILPRES 2019,1,KABAR POLISI,180,KABAR TNI,3,KENDAL,4,KRIMINAL,61,KUDUS,1,KULINER,16,LAKA LANTAS,2,Life Style,8,MAGELANG,281,MITOS,2,MITRA POLISI,1,MUDIK,3,NASIONAL,129,NEWS,5608,NEWS FOTO,15,NTT,6,OLAHRAGA,2,OPINI,1,PANTURA,2,PEMILU,22,PENDIDIKAN,92,PERISTIWA,107,PILPRES,27,POLITIK,147,Purwodadi,2,SALATIGA,2208,SELEB,12,SEMARANG,636,SLEMAN,1,SOLO RAYA,28,SOSOK,6,SPORT,4,SUARA JABAR,14,Suara Jatim,3,SULAWESI,275,SUMUT,12,TEMANGGUNG,75,TIPS BUNDA MUZA,3,UNGARAN,1219,VIDEO,17,WARTA PEMBACA,25,WISATA,2,WONOSOBO,3,
ltr
item
HARIAN7.COM - KABARE WONG JAWA TENGAH: Presiden Resmikan Keramba Jaring Apung ‘Offshore’, Kata Jokowi : Itu Terobosan Untuk Tingkatkan Budi Daya Ikan
Presiden Resmikan Keramba Jaring Apung ‘Offshore’, Kata Jokowi : Itu Terobosan Untuk Tingkatkan Budi Daya Ikan
https://4.bp.blogspot.com/-pa9xCa6H3og/Wt8kP4tzuoI/AAAAAAAAWbs/aPiKawkGW90fKhgIzNzINu-EaoQpCgsqwCLcBGAs/s400/IMG_20180424_121628.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-pa9xCa6H3og/Wt8kP4tzuoI/AAAAAAAAWbs/aPiKawkGW90fKhgIzNzINu-EaoQpCgsqwCLcBGAs/s72-c/IMG_20180424_121628.jpg
HARIAN7.COM - KABARE WONG JAWA TENGAH
http://www.harian7.com/2018/04/presiden-resmikan-keramba-jaring-apung.html
http://www.harian7.com/
http://www.harian7.com/
http://www.harian7.com/2018/04/presiden-resmikan-keramba-jaring-apung.html
true
6540734605408975812
UTF-8
Semua Berita Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All LABEL ARCHIVE PENCARIAN Semua Berita Ops.... Halaman Yang Anda Minta Belum Tersedia Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy