Iklan

Iklan

,

Iklan

Jelang Pilgub Jateng 2018, Satpol PP Jateng Gelar Apel Siaga Satlinmas

Redaksi
Rabu, 25 April 2018, 19:17 WIB Last Updated 2018-04-25T12:17:28Z
Walikota Salatiga Yuliyanto saat melakukan pengecekan Satlinmas.
SALATIGA, harian7.com – Ratusan anggota satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) dari sejumlah kabupaten/kota di wilayah Karesidenan Semarang mengikuti Apel Siaga Satlinmas di Lapangan Pancasila Salatiga, Rabu (25/4). Apel siaga ini digelar dalam rangka persiapan pengamanan pilkada serentak termasuk Pilgub Jateng 2018.

Walikota Salatiga Yuliyanto mengatakan, bahwa anggota Satlinmas itu harus siap mengedepankan konsultasi dan koordinasi dengan unsur terkait sesuai aturan yang berlaku. Terpenting, Satlinmas itu harus kompak dengan tujuan satu, yaitu siap menciptakan keamanan dan kondusifitas wilayah demi lancarnya pilkada serentak maupun Pilgub Jateng 2018.

“Salah satu parameter suksesnya Pilkada serentak dan Pilgub Jteng 2018 diantaranya terpilihnya pimpinan daerah atau kepala daerah yang kredibel dan akseptabel. Selain itu, tetap terjaganya kondusivitas daerahnya. Peran Satlinmas di masyarakat itu sangat dibutuhkan dalam menjaga jalannya pemilihan. Dengan begitu, anggota Satlinmas untuk senantiasa melakukan koordinasi dan kerja sama dengan pihak terkait,” jelas Yuliyanto, usai memimpin apel Satlinmas.

Bahkan, Satlinmas harus dapat menjalin kedekatan dengan para tokoh agama ataupun tokoh masyarakat untuk dapat menciptakan suasana yang tenang, aman, nyaman serta tanpa ada tindakan anarkis baik saat maupun setelah Pilkada serentak maupun Pilgub Jateng.

Ditambahkan, bahwa anggota Satlinmas itu punya hak untuk memperingatkan jika ada orang yang tidak berkepentingan di lingkungan TPS pada saat pilkada atau pilgub berjalan. Lalu, menyerahkannya kepada pihak berwajib atau kepolisian.

Sementara, Plh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Jawa Tengah, Ninik Mardiastuti menyatakan bahwa Apel Siaga Satlinmas di Kota Salatiga untuk persiapan pengamanan dalam menghadapi pilkada serentak dan Pilgub Jateng 2018.

“Jumlah anggota Satlinmas di Jateng ada 225.000 personel dan akan dikerahkan melakukan pengamanan pilkada serentak dan Pilgub Jateng 2018 di wilayah ini. Tupoksinya antara lain, bertugas menjadi mata telinga dari pemerintah untuk mengetahui kejadian atau hal-hal yang berkaitan dengan ketertiban umum. Peserta apel datang dari Kota Salatiga, Kabupaten Semarang, Kota Semarang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Demak, Kabupaten Grobogan serta Kota Salatiga selaku tuan rumah,” urai Ninik. (Heru Santoso)

Iklan