Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Kapolsek Kaliwungu: Sambang Desa Sebagai Implementasi Tugas Bhabinkamtibmas

Redaksi
Minggu, 11 Maret 2018, 00:43 WIB Last Updated 2018-03-10T17:43:06Z
Ungaran, harian7.com - Berkunjung kerumah warga dan sambang desa serta dialog kamtibmas sebagai wujud nyata petugas Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak Polri dilapangan.

Hal ini diterapkan insan Bhabinkamtibmas melalui strategi binmasstralnya untuk mengetahui situasi kondisi diwilayah desa binaannya.

Kapolsek Kaliwungu IPTU Suparmo mengatakan, kegiatan sambang desa yang selama ini dilakukan oleh anggota Polsek Kaliwungu dinilai cukup efektif untuk menciptakan rasa aman dan nyaman di masyarakat.

"Tugas polisi bukan hanya menciptakan rasa aman di pusat kota, namun di seluruh pelosok juga harus dikondisikan aman dan kondusif, untuk itu kegiatan sambang desa ini akan terus kami laksanakan," ujar Kapolsek Kaliwungu.

Ia menjelaskan, kegiatan sambang desa yang dilaksanakan pada Sabtu (10/3/2018) ini merupakan contoh nyata dari Kepolisian untuk menciptakan rasa aman tersebut. Menurutnya, sambang desa yang dilakukan anggota Bhabinkamtibmas di wilayah itu merupakan salah satu contoh yang akan terus ditingkatkan karena kegiatan itu efektif untuk memantau situasi di wilayah binaannya.

"Sambang desa cukup efektif karena petugas datang langsung ke lokasi, karena sudah menjadi tugas dan tanggung jawabnya,'’ imbuhnya.

Menurutnya, tugas yang dibebankan kepada para Bhabinkamtibmas di wilayah Hukum Polsek Kaliwungu tidak hanya sekedar menerima masukan masalah dari masyarakat, namun juga menyelesaikannya dengan mengidentifikasi akar masalah dan menemukan cara-cara pemecahannya dengan langsung turun ke lapangan.

Selain itu kegiatan sambang desa oleh para Bhabinkamtibmas juga bertujuan untuk menciptakan keamanan di wilayah hukum Polsek Kaliwungu.

 "Dengan mengoptimalkan peran Babinkamtibmas, kami harapkan segala kendala bisa cepat terpantau dan cepat mendapat penanganan penyelesaian masalah," ungkapnya.

Ia menerangkan kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin Bhabinkamtibmas dan sudah tugas tanggung jawab setiap anggota Polisi untuk siap ditugaskan dimana saja sebagai pengayom masyarakat.(M.Nur/Humas Polres Semarang)

Iklan