Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Yayuk Basuki Kampanye Gerakan Nasional Gemar Membaca

Redaksi
Senin, 19 Februari 2018, 22:47 WIB Last Updated 2018-02-19T15:47:04Z
Wawali Salatiga serahkan kenang-kenangan kepada nara sumber.

SALATIGA, harian7.com – Sri Rahayu Basuki alias Yayuk Basuki, mantan petenis nasional yang kini menjadi anggota Komisi X DPR RI mengkampanyekan Gerakan Nasional Gemar Membaca di Salatiga. Acara digelar di Gedung Setda Pemkot Salatiga, Senin (19/2). Acara ini dibuka langsung Wakil Walikota Salatiga H Muh Haris.

Kepala Perustakaan Nasional (Perpusnas) RI melalui Kepala Pusat Pengembangan Koleksi dan Pegolahan Bahan Pustaka Perpusnas RI, Titiek Kismiyati menyatakan, hingga sekarang ini minat baca di Indonesia dinilainya masih sangat rendah. Ini menjadi keprihatinan tersendiri dan yang melatarbelakangi dari kegiatan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca ini.

“Berdasarkan study dari Most Literred Nation in the world  tahun 2016, ternyata minat baca di Indonesia berada pada peringkat 60 dari 61 negara,” kata Titiek Kismiyati.

Sementara, Wakil Walikota Salatiga, H Muh Haris menyatakan, bahwa dengan rendahnya mina baca di Indonesia ini, yang mencapai 0,01 persen per tahun maka harus dibudayakan dan ditingkatkan gerakan gemar membaca secara simultan dan terus menerus.

“Untuk meningatkan minat baca itu, peran perpustakaan akan sangat krusial karena perpustakaan merupakan sumber belajar sepanjang hayat,” ujar  Muh Haris.

Acara ini dihadiri tidak kurang 200 orang dari berbagai kalangan dan narasumber yang dihadirkan adalah Sari Puspita Andriani (Pustakawan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Jawa Tengah), Slamet Setyo Budi (Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga) dan Waji Suwarno (Kepala Perpustakaan IAIN Salatiga). (Heru/M.Nur)

Iklan