Osbudsman Terima Aduan Dua Orang Tua Siswa SMAN 1 semarang Yang Dikeluarkan Sekolah

SEMARANG, Harian7.com - Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah terima aduan dari dua orang tua siswa SMA 1 Semarang, akibat anaknya dikeluar...

SEMARANG, Harian7.com - Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah terima aduan dari dua orang tua siswa SMA 1 Semarang, akibat anaknya dikeluarkan dari sekolah atas dugaan kekerasan terhadap juniornya saat pelaksanaan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) pada November 2017 lalu.

Plt Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah Sabarudin Hulu mengatakan pihaknya segera menindaklanjuti aduan dua orang tua siswa itu, untuk memperoleh kepastian penyebab tindakan pengeluaran terhadap siswa sekolah itu.

Menurutnya, Ombudsman juga akan meminta keterangan dari pihak sekolah serta dinas pendidikan, berkaitan dengan penerbitan surat keputusan untuk mengeluarkan kedua siswa Kelas XII, masing-masing Anindya Puspita Helga Nur Fadhil dan Muhammad Afif Ashor.

“Bagaimanapun, anak yang nakal sekalipun diusahakan tidak dikeluarkan dari sekolah, agar merekabisa menggapai cita-cita masa depannya,” ujarnya kepada media usai menerima pengaduan itu, di Kantor Ombudsmen, Jateng, di Semarang, Senin (26/02/2018)

Selain itu, lanjutnya, kedua siswa bersangkutan juga akan diminti keterangan berkaitan dengan musyawarah, terkait dengan keputusan sekolah untuk mengembalikan keduanya kepada orang tua masing-masing.

“Apakah aturan yang dilaksanakan itu, sudah dibahas bersama kedua pihak atau hanya keputusan sepihak?,” katanya

Pengaduan kepada Osbudsman, Suwondo orang tua dari Anindya Puspita Helga Nur Fadhila menuturkan anaknya dikeluarkan dari SMA 1 Semarang akibat terjadi insiden dugaan penamparan terhadap yuniornya saat kegiatan LDK pada November 2017.

Menurutnya, keputusan sekolah tersebut sangat kelitu dan terkesan dipaksakan hanya untuk kepentingan sepihak.

“Contohnya, anak saya melanggar tata tertib. Tapi buku tata tertib ini dibagikan awal Februari 2018, setelah adanya kasus ini, dari sebelumnya semua siswa maupun orang tua tidakm engetahui aturan yang tertuang dalam tata tertib tersebut,” terangnya.

Bahkan Suwondo menambahkan anaknya tetap berangkat ke sekolah, meskipun telah dikeluarkan. Namun ironisnya, Anindya empat kali diusir oleh guru SMA 1 Semarang.

“Anak saya tetap ke sekolah tapi diusir oleh guru. Bahkan ada kata-kata tidak pantas yang dikeluarkan oleh guru ke anak saya,” tutur Suwondo.

Hingga saat ini Suwondo dan Anin belum menandatangani surat pemberhentian yang disodorkan oleh pihak SMA Negeri 1 Semarang.

Sementara, Sodhikin orang tua dari Afif Ashor telah menandatangani surat pemberhentian anaknya. Menurut Sodhikin, menandatangani surat tersebut akibat adanya penekanan Kepala Sekolah bersangkutan.

“Hanya ada dua pilihan  dikeluarkan atau dilaporkan ke polisi,” ujarnya menirukan saran Kepala Sekolah.

Sodhikin memberanikan diri menghadap kepala sekolah SMA Negeri 1 Semarang dan meminta agar surat pemberhentian yang telah ditandatanganinya dicabut, mengingat dalam waktu dekat anaknya yang telah kelas XII akan menghadapi ujian.

“Namun, lagi-lagi tidak bisa dipenuhi oeh pihak sekolah,” tuturnya.

Seperti diketahui, dua siswa SMA Negeri 1 Semarang masing masing Muhammad Afif Ashor (Afif), dan Anindya Puspita Helga Nur Fadhila (Anin), siswa kelas XII MIPA 11 menjabat sebagai Kasie 4 OSIS SMAN 1 Semarang, mereka dikeluarkan dari sekolah tersebut secara sepihak.

Aktivis OSIS tersebut dikeluarkan dari sekolah atas tuduhan melakukan tindak kekerasan dengan cara ‘menampar’ yunior dalam kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) pada November 2017. Tidak hanya itu, keseluruhan ada sembilan orang pengurus OSIS yang terancam sanksi.

Para orang tua siswa merasa kecewa, karena pihak sekolah tidak menyelesaikan persoalan ini secara bijak. Justru dua siswa dikeluarkan tanpa dilakukan penelusuran atau penyelidikan secara mendalam oleh pihak sekolah, untuk mengetahui pasti duduk pesoalan itu. ( ndi)

COMMENTS

Nama

ARUS MUDIK,10,BANTUL,1,BANYUMAS,1,BERITA DAERAH,66,BERITA FOTO,5,BERITA TERKINI,3259,BIRO KEDU,38,BISNIS,17,BOYOLALI,17,Budaya,11,DEMAK,2,EKONOMI,1,EKONOMI DAN BISNIS,16,FINANCE,2,GAYA HIDUP,20,HARIAN NASIONAL,27,HIBURAN,19,HIDUP SEHAT,1,IKLAN,1,INTERNATIONAL,11,INVESTIGASI,3,JAMBI,4,JATENG,1,JATENG NEWS,19,JOGJA,8,KABAR DESA,6,KABAR PILKADA,35,KABAR POLISI,124,KENDAL,3,KRIMINAL,46,KUDUS,1,KULINER,15,LAKA LANTAS,1,Life Style,2,MAGELANG,214,MITOS,2,MITRA POLISI,1,MUDIK,3,NASIONAL,93,NEWS,5054,NEWS FOTO,12,NTT,6,OLAHRAGA,2,PANTURA,2,PEMILU,22,PENDIDIKAN,84,PERISTIWA,72,PILPRES,27,POLITIK,124,Purwodadi,2,SALATIGA,2126,SELEB,11,SEMARANG,576,SOLO RAYA,24,SOSOK,6,SPORT,4,SULAWESI,230,SUMUT,12,TEMANGGUNG,54,TIPS BUNDA MUZA,3,UNGARAN,1095,VIDEO,9,WARTA PEMBACA,25,WISATA,2,WONOSOBO,3,
ltr
item
HARIAN7.COM - KABARE WONG JAWA TENGAH: Osbudsman Terima Aduan Dua Orang Tua Siswa SMAN 1 semarang Yang Dikeluarkan Sekolah
Osbudsman Terima Aduan Dua Orang Tua Siswa SMAN 1 semarang Yang Dikeluarkan Sekolah
https://3.bp.blogspot.com/-za3qzq6jOnw/WpRCKyfhLgI/AAAAAAAAU-g/z7T70eV5VB0wmdctC8e-7cWykvyLVE9gwCLcBGAs/s400/images%2B%25282%2529.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-za3qzq6jOnw/WpRCKyfhLgI/AAAAAAAAU-g/z7T70eV5VB0wmdctC8e-7cWykvyLVE9gwCLcBGAs/s72-c/images%2B%25282%2529.jpg
HARIAN7.COM - KABARE WONG JAWA TENGAH
http://www.harian7.com/2018/02/osbudsman-terima-aduan-dua-orang-tua.html
http://www.harian7.com/
http://www.harian7.com/
http://www.harian7.com/2018/02/osbudsman-terima-aduan-dua-orang-tua.html
true
6540734605408975812
UTF-8
Semua Berita Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All LABEL ARCHIVE PENCARIAN Semua Berita Ops.... Halaman Yang Anda Minta Belum Tersedia Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy