Iklan

Iklan

,

Iklan

Penggemar Miniatur Mobil di Magelang Berkumpul Layaknya Komunitas Mobil Asli, Apa Saja Ya.. Yang Dilakukan?

Redaksi
Minggu, 03 Desember 2017, 04:11 WIB Last Updated 2017-12-02T21:11:53Z
Para pecinta miniatur mobil saat berkumpul.
Magelang,harian7.com - Berjajar seperti pertemuan komunitas mobil. Berbagai  mobil miniatur berbagai model dan bahkan ada yang di desain layaknya mobil mewah dengan merk Hotwheels. Mobil-mobil tersebut berkumpul layaknya komunitas mobil sungguhan.

Nah... uniknya lagi  komunitas mobil mini di Magelang ini  di ikuti orang-orang dewasa yang bermain mobil-mobilan dimana yang lazimnya dimainkan oleh anak-anak.

Komunitas Forum Pecinta Miniatur & Diecast (Forpimda) Magelang ini memiliki hobi sama yakni mengoleksi miniature mobil. Ini bukan asal miniatur mobil tapi mobil mainan ini disebut diecast yang memiliki harga yang cukup fantastis.

Menurut penuturan Agus Akhsin, salah satu anggota Forpimda, jika kebanyakan penggemar miniatur mobil ini orang dengan berpenghasilan di atas rata-rata. Pasalnya Selain harganya yang cukup mahal, detail dan tinggkat kelangkaan yang membuat mobil mainan menjadi koleksi para pecintanya. Karena untuk memainkanya pun ada teknik khusus tidak seperti anak kecil pada umumnya.

"Untuk koleksi miniatur mobil ini untuk ukuran terbesar biasanya mereka gunakan untuk pajangan dengan background tertentu. Nanti setelah dipajang kita akan mulai hunting foto sehingga terlihat atau terkesan seperti mobil asli pada hasil fotonya," ungkap Agus kepada harian7.com, Sabtu (2/12).

Di tambahkan, Model mobil miniatur diecast dengan jenis atau merk Hotwheels yang bisa dipergunakan untuk balapan di sirkuit buatan.
"Kalau Hotwheelsnya tergolong langka dipasaran, yang tidak dimainkan bahkan tidak dibuka dari bungkusnya," ungkap Agus.

Dan yang membuat tambah menantang, para komunitas saling memamerkan koleksinya dan hasil foto-fotonya melalui jejaring social media. Seperti halnya di  sebuah group Facebook khusus diberi nama Forum Pecinta Miniatur & Diecast (Forpimda) Magelang yang sudah beranggotakan 2,5 ribu.

"Selain berkomunikasi melalui jejaring social tersebut terkadang kita juga megadakan kopdar untuk saling memamerkan koleksi mobilnya dan saling bersilaturahmi," terangya.

Diecast sendiri adalah miniatur berdasarkan skala, mayoritas berbentuk mobil meskipun banyak juga yang berbentuk kendaraan perang, pesawat, kapal, truck, kendaraan alat berat kereta api dan lain-lain. Untuk menekuni hoby miniatur diecast termasuk gampang-gampang sulit, terutama untuk mengkoleksi barang yang langka.

"Sulitnya adalah ketika ingin mengkoleksi barang yang kita suka tetapi barang tersebut terbilang langka dipasaran tentunya harus merogoh kocek dalam, sebab harganya bisa ratusan ribu hingga jutaan Rupiah," papar Agus.

Anggota lain Aditya Yuanendra Riztian, sendiri bergabung dalam komunitas Diecast ini dengan membawa koleksinya minatur truk dengan container dimana harganya per unit bisa dibandrol Rp 3 juta.

 "Kepuasan tersendiri mengkoleksi miniatur diecast, tidak hanya sebatas mempunyai banyak koleksi langka, tetapi juga memodifiksi dalam hal ini disebut sebagai custom diecast menjadi miniatur yang bentuknya dapat disesuaikan dengan keinginan, tentunya harganya lebih mahal dibanding dengan harga dipasaran," pungkasnya. (Ady)

Iklan