Iklan

Iklan

,

Iklan

Pemkab Magelang Berhasil Sabet Juara Umum Tonting YWPJ 2017

Redaksi
Selasa, 19 Desember 2017, 21:47 WIB Last Updated 2017-12-19T14:47:23Z
Magelang, harian7.com -  Predikat juara umum berhasil diraih Kabupaten Magelang dalam Peleton Beranting Yudha Wastu Pramukha Jaya Tahun 2017. Peleton tersebut meraih Juara 1 dan Juara 2 untuk Katagori Pasukan Non TNI serta Juara 2 untuk katagori Satuan Komando Kewilayahan.

Peleton Beranting Yudha Wastu Pramukha Jaya diselenggarakan oleh Kodam IV/Diponegoro yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memperingati Hari Infanteri.
Peleton beranting YWPJ 2017 melintasi Kabupaten Magelang mulai dari Kecamatan Salam hingga ke perbatasan Magelang dengan Wonosobo.

Secara khusus, Komandan Kodim 0705/Magelang, Letnan Kolonel Inf. Hendra Purwanasari, S.Sos., bersama Muspida Kabupaten Magelang menyiapakan kelancaran dan suksesnya acara tahunan ini.

Dalam kegiatan gerak jalan ini, Dandim Magelang mengerahkan satu peleton Tagana Kabupaten Magelang dan satu Peleton Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Magelang. " Peleton - peleton inilah yang menyabet juara 1 dan juara 2 katagori pasukan Non TNI. Selain dua peleton tersebut Kodim 07/05 Magelang juga mengerahkan warga disepanjang jalur yang dilewati gerak jalan Tonting YWPJ 2017," Jelasnya.

Sementara Kapolres Magelang AKBP. Hari Purnomo, SH. S.I.K., menjadi Perwira Pengawas dan secara langsung menyaksikan serah terima Simbol Tonting YWPJ.

Selain Kapolres, serah terima simbol juga dihadiri pejabat pemerintahan Kabupaten Magelang, yaitu Camat Salam, Kapolsek dan beberapa Tokoh agama.

Pada Senin, 18/12 dinihari Kapolres melepas Tonting YWPJ Etape VII yang selanjutnya berjalan menempuh jarak 24, 8 km. Sepanjang perjalanan dalam kegelapan malam pasukan infanteri berjalan dengan disinari oleh obor yang dinyalakan oleh warga sekitar jalan yang dilalui. Bahkan walaupun suasana malam, namun masyarakat terlihat memadati sisi kanan dan kiri jalan.

Disisi lain, Senin 18 Desember 2017, pukul 07.50 WIB Bupati Magelang Zaenal Arifin, SIP., dampingi Muspida menjadi Perwira Pengawas dan menyaksikan serah terima simbol Tonting YWPJ dari Etape VII kepada Etape VIII di Lapangan Tembak Akmil Plempungan Salaman.
Sepanjang perjalanan sambutan hangat dan meriah dari warga dan anak - anak sekolah. Nyanyian lagu mars dan lagu perjuangan mengiringi langkah kaki infanteri hingga mencapai titik ganti selanjutnya.

Keterlibatan Pemerintah Daerah Kabupaten Magelang dan sambutan hangat masyarakat sepanjang route perjalanan inilah yang membuat Kabupaten Magelang meraih Juara 2 untuk Katagori Komando Kewilayahan. Sedangan juara 1 direbut oleh Kabupaten Klaten.
Dandim Magelang menyebutkan bahwa, " Juara yang diraih merupakan hasil jerih payah warga Kabupaten Magelang,"

Dalam kesempatan ini, Dandim juga mengucapkan  Terima kasih yang setinggi - tingginya kepada pemerintah daerah Kabupaten Magelang dan kepada warga Kabupaten Magelang.

"Ini adalah bukti kebersamaan antara TNI dengan rakyat, karena rakyat Magelang lah kita bisa membawa pulang piala" ujarnya.

Penyerahan piala dilaksanakan di titik finish Tonting YWPJ 2017 pada Upacara Hari Infanteri dengan Inspektur Upacara Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Bhakti Agus Fajari  di Alun - Alun Kutoarjo.

Sebagai catatan, untuk satuan komando kewilayahan yang dinilai adalah kabupaten yang dilalui oleh Tonting YWPJ 2017. Tercatat ada 8 kabupaten yang dilalui gerak jalan ini antara lain Sragen, Karanganyar, Sukoharjo, Klaten, Sleman, Magelang, Wonosobo dan Purworejo.
(Ady)

Iklan