Dibutuhkan Wartawan Biro/Kontributor Solo Raya/Kendal/Blora/Demak/Kudus/Purwodadi - Kontak Person/WA 085713000944 - email : redaksi_harian7@yahoo.com

Kawal, Amankan, dan Implementasikan Dana Desa Dinas Pemberdayaan Desa Kepulauan Selayar, Gelar Rakor

Kep.Selayar,harian7.com - Langkah kongkrit dalam upaya meminimalisir potensi penyalahgunaan keuangan dan anggaran desa dituangkan Dinas P...

Kep.Selayar,harian7.com - Langkah kongkrit dalam upaya meminimalisir potensi penyalahgunaan keuangan dan anggaran desa dituangkan Dinas Pemberdayaan dan Desa (PMD) Kabupaten Kepulauan Selayar melalui penyelenggaraan rapat koordinasi (rakor) pengawasan dan pengendalian keuangan dana desa dengan melibatkan segenap komponen camat, lurah, dan kepala desa Se Kabupaten Kepulauan Selayar yang dipusatkan di ruang pendopo rumah jabatan sapolohe (Rujab bupati) pada hari Jumat, (15/12).

Rapat koordinasi dibuka Sekretaris Daerah Kepulauan Selayar, Dr. Ir. Marjani Sultan, M.Si yang hadir mewakili bupati. Hadir mendampingi Sekretaris Daerah dan sekaligus narasumber masing-masing Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP. Syamsu Ridwan, SIK, Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Selayar, Cumondo Trisno, SH.
Mengawali rapat koordinasi tersebut, Sekretaris Daerah Kepulauan Selayar, Dr. Ir. Marjani Sultan, M.Si mengingatkan para camat, lurah, dan kepala desa untuk terus berkiprah dalam memantapkan target capaian visi dan misi pemerintahan di wilayahnya masing-masing dengan tetap mengacu pada visi dan misi pemerintah kabupaten.

Mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan di era pemerintahan Drs. H. Syahrir Wahab, MM itu juga menekankan pentingnya agar para kepala desa dapat memaksimalkan pemanfaatan dana dan anggaran desa dengn lebih berhati.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Selayar, Cumondo Trisno, SH yang tampil menjadi salah satu pembicara menandaskan, rapat koordinasi pengawasan dan pengendalian keuangan desa dinilai sangat penting sebagai media sosialisasi dan sharing wawasan dan pengalaman bagi para kepala desa yang belum sempat berkunjung ke Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

Sebuah desa di wilayah administratif Kecamatan Polanharjo Klaten yang kini telah mencapai tingkat kemakmuran yang sebelumnya, dikenal sebagai desa miskin.

Cumondo meminta para kepala desa yang kebingungan dalam penerapan sistem pemanfaatan dana desa agar dapat melakukan upaya koordinasi untuk diberikan arahan dan petunjuk.

Idealnya, penggunaan dana desa dimulai dari sebuah tahapan perencaan yang baik dan benar melalui pelibatan masyarakat dengan tetap berpedoman pada ketentuan, Peraturan Desa (Perdes), Peraturan Daerah (Perda), Peraturan Bupati (Perbub) serta ketentuan perundang-undangan di atasnya.

Kejari Kepulauan Selayar, Cumondo Trisno, SH berharap agar dana desa betul-betul dioptimalkan sebagai bentuk stimulan bagi pemberdayaan dan peningkatan taraf perekonomian masyarakat yang bernafaskan pada nawacita serta tekad untuk membangun Indonesia dari pinggiran melalui penguatan kebijakan pembangunan daerah dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lanjut, Cumondo mengingatkan pentingnya pelibatan pendamping desa dalam hal pengambilan dan penerapan kebijakan pembangunan yang berdasarkan pada RPJMD Desa. Upaya  menekan potensi penyalahgunaan dana desa dituangkan Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Selayar melalui komitmen bersama dengan para camat, lurah, dan kepala desa untuk membangun sinergitas kerjasama antara Inspektorat, Polres, dan Kejaksaan dalam hal pengawasan serta pengendalian pemanfaatan dana desa.

Rangkaian diskusi dan bedah dengan agenda tunggal pembahasan ‘adopsi’ kebijakan Desa Ponggok akan digelar sebagai bahan acuan dalam menetapkan dua perwakilan desa sebagai desa percontohan yang minimal sepuluh persennya memiliki kemiripan dengan Desa Ponggok.

Menutup materinya, Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Selayar, Cumondo Trisno, SH, ikut membahas sejumlah point penting yang dianggap berpotensi menimbulkan tindak penyimpangan dalam pemanfaatan dana desa diantaranya : mark up untuk kepentingan kades dan tim suksesnya,  banyaknya unsur keterlibatan keluarga kepala desa dalam hal pengambilan kebijakan, lemahnya fungsi pengawasan, disamping kemungkinan terjadinya potensi korup yang dipicu oleh kehadiran tenaga pendamping desa dengan memanfaatkan kelemahan aparat desa, pungkas Cumondo.       

Kegiatan Rapat koordinasi pengawasan dan pengendalian penggunaan dana desa yang berlangsung alot sejak dari pagi hingga menjelang sore hari tersebut turut menghadirkan Kepala Dinas Pemberdayaan dan Desa (PMD) Kepulauan Selayar, Andi Irsan, S.STP. (fadly syarif)

COMMENTS

Nama

ARUS MUDIK,12,BANJARNEGARA,1,BANTUL,1,BANYUMAS,5,BERITA DAERAH,67,BERITA FOTO,6,BERITA TERKINI,3362,BIRO KEDU,47,BISNIS,17,BLORA,20,BOYOLALI,19,Budaya,16,CILACAP,102,DEMAK,2,EKONOMI,2,EKONOMI DAN BISNIS,16,FINANCE,3,GAYA HIDUP,21,HARIAN NASIONAL,27,harian7@mail.salatiga,1,HIBURAN,26,HIDUP SEHAT,1,IKLAN,1,INTERNATIONAL,11,INVESTIGASI,3,JAMBI,4,JATENG,1,JATENG NEWS,21,JATIM,1,JAWA TIMUR,1,JOGJA,13,KABAR DESA,8,KABAR PILKADA,35,KABAR PILPRES 2019,1,KABAR POLISI,195,KABAR TNI,43,KENDAL,6,KOMUNITAS,1,KRIMINAL,71,KUDUS,2,KULINER,16,LAKA LANTAS,2,Life Style,13,MAGELANG,305,MITOS,2,MITRA POLISI,1,MUDIK,3,NASIONAL,147,NEWS,5905,NEWS FOTO,15,NTT,6,OLAHRAGA,2,OPINI,1,PANTURA,2,PEMILU,22,PENDIDIKAN,96,PERISTIWA,135,PILPRES,27,POLITIK,163,Purwodadi,2,SALATIGA,2279,SELEB,12,SEMARANG,655,SLEMAN,1,SOLO RAYA,32,SOSOK,7,SPORT,4,SUARA JABAR,20,Suara Jatim,7,SULAWESI,276,SUMUT,12,TEMANGGUNG,76,TIPS BUNDA MUZA,3,UNGARAN,1268,VIDEO,17,WARTA PEMBACA,25,WISATA,2,WONOSOBO,3,
ltr
item
HARIAN7.COM - KABARE WONG JAWA TENGAH: Kawal, Amankan, dan Implementasikan Dana Desa Dinas Pemberdayaan Desa Kepulauan Selayar, Gelar Rakor
Kawal, Amankan, dan Implementasikan Dana Desa Dinas Pemberdayaan Desa Kepulauan Selayar, Gelar Rakor
https://2.bp.blogspot.com/-kUnnUPf_l2g/WjQasU-24kI/AAAAAAAATDk/pcggwJXe_z0ohrA9473caj3dHsQ5O-PywCLcBGAs/s400/IMG-20171215-WA0144.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-kUnnUPf_l2g/WjQasU-24kI/AAAAAAAATDk/pcggwJXe_z0ohrA9473caj3dHsQ5O-PywCLcBGAs/s72-c/IMG-20171215-WA0144.jpg
HARIAN7.COM - KABARE WONG JAWA TENGAH
http://www.harian7.com/2017/12/kawal-amankan-dan-implementasikan-dana.html
http://www.harian7.com/
http://www.harian7.com/
http://www.harian7.com/2017/12/kawal-amankan-dan-implementasikan-dana.html
true
6540734605408975812
UTF-8
Semua Berita Not found any posts VIEW ALL Baca Selengkapnya Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All LABEL ARCHIVE PENCARIAN Semua Berita Ops.... Halaman Yang Anda Minta Belum Tersedia Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy