Iklan

Iklan

,

Iklan

Pande Besi Sanggrahan: Dipesan Hingga Luar Jawa.

Redaksi
Sabtu, 16 September 2017, 14:18 WIB Last Updated 2017-09-16T07:18:38Z
Magelang, Harian7.com -  Bunyi pukulan besi dikampung ini, sudah mulai sejak beberapa tahun lalu dan seolah tak pernah mengenal lelah. Seperti yang dilakukan sebagian kelompok pemuda di Dusun Sanggrahan Rejosari Pakis, Magelang ini, setiap hari mereka dihadapkan dengan besi-besi bahan baku pembuatan golok dan sabit serta alat dapur seperti pisau dan lainya.
 Saat disambangi harian7.com pada Jumat, (15/09) beberapa warga ini sedang membuat golok dan sabit pesanan dari para petani dari luar Daerah, adapun pembuatan alat-alat tersebut dengan cara dibakar serta ditempa, setelah bahan tersebut berbentuk barulah tahap terakhir untuk di finising sebelum diserahkan kepada para pemesan.

Untuk sebuah sabit ukuran sedang biasa dijual Rp. 30.000,_sedang untuk ukuran besar bisa sampai Rp. 80.000,_ sementara untuk golok kisaran Rp. 100.000,_
"Kami disini hampir setiap warga sebagai tukang pande besi, dan ini sudah kami jalani sejak dari nenek moyang kami, adapun untuk penghasilan kami juga pas-pasan saja, yang jelas berkat kerja keras kami bisa untuk mencukupi kebutuhan dan keluarga, kami bekerja dengan cara berkelompok karena pekerjaan ini tidak bisa dilakukan sendiri, saat menempa besi bahan, kami harus dibantu oranglain karena kalau tidak cepat dalam menempa maka besi yang sudah dipanaskan akan menjadi keras lagi,"Terang Sugiyanto (37).
Di samping memenuhi pesanan dari warga petani sekitar, pande besi ini juga sering menerima pesanan para pedagang disekitarnya bahkan dari luar kota hingga ke luar pulau Jawa.

Seperti yang diungkapkan Prabdi (38T), Ia dan warga lain sudah lama menekuni pekerjaan sebagai pengrajin alat pertanian. Biasanya ia sering menerima pesanan dari para pedagang ataupun pengecer yang memasarkan ke Pedusunan ataupun di jual ke pasar tradisional sekitar kami.
"Untuk para pemesan tidak hanya di sekitaran sini saja,  bahkan dari luar kota juga sering ada yang memesan, seperti dari Bandung, Banten dan Kota laine serta kadang juga dari luar Jawa seperti Sumatera, Kalimantan dan lainya," jelasnya. (Ady Prasetyo)

Iklan