Iklan

Iklan

,

Iklan

Asyiknya Belajar Bahasa Inggris dengan Metode “Vocabulary Chain”

Redaksi
Minggu, 24 September 2017, 01:20 WIB Last Updated 2017-09-23T18:20:58Z
Salatiga,harian7.com - Sejak menit awal hingga akhir pembelajaran, seluruh siswa peserta bimbingan belajar bahasa Inggris Rumah Zakat di Desa Berdaya, Keluruhan Dukuh, Kota Salatiga terlihat sangat antusias dan ceria. Muhammad Hasbi, tentor bimbel bahasa Inggris Rumah Zakat, Rabu sore (20/9) mengajarkan pelajaran bahasa Inggris dengan menggunakan metode “Vocabulary Chain”.

Vocabulary Chain merupakan pembelajaran bahasa inggris untuk meningkatkan kemampuan aspek vocabulary (kosakata) dan pronounciation (pengucapan). Seperti namanya, Vocabulary Chain atau yang dalam bahasa Indonesia artinya “Rantai Kosakata”, menguji kebendaharaan kosakata peserta didik. Secara bergantian para peserta harus menyebutkan kata dalam bahasa inggris dalam waktu yang terbatas. Yang mampu menyebutkan kata dalam bahasa inggris sampai terakhir, ia lah yang menjadi pemenang.

Muhammad Hasbi sebagai tentor dalam bimbel bahasa Inggris yang diinisiasi Rumah Zakat mengaku surprise! Menurutnya kemampuan bahasa Inggris anak usia SMP dan SMA di Perumahan Griya Dukuh Asri Salatiga cukup baik.

“Surprise! Saya tidak mengira permainan vocabulary chain tadi bisa bertahan sampai 30 menit. Padahal sebelumnya saya memprediksi paling maksimal hanya 15 menit. Saya merasa tertantang untuk mengajarkan Bahasa Inggris di pertemuan-pertemuan selanjutnya,” kata Muhammad Hasbi di sela-sela kegiatan.

Dwi Pujiyanto, fasilitaror Desa Berdaya Kelurahan Dukuh dari Rumah Zakat menyampaikan bahwa pertemuan kedua ini ada dua peserta baru. Ia berharap pertemuan ke depan semakin bertambah pesertanya sehingga semakin bermanfaat.

“Alhamdulillah pertemuan kedua ini ada dua peserta baru yang bergabung. Kami berpesan kepada para peserta untuk mengajak teman-temannya yang lain untuk bergabung belajar bersama. Sehingga program yang digulirkan akan lebih bermanfaat,” kata Dwi Pujiyanto, kepada harian7.com

Program bimbel gratis Bahasa Inggris diselenggarakan setiap hari Rabu pukul 16.00-17.30 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan di kediaman fasilitator Desa Berdaya Jalan Sumantri Raya No. 14 RT 03 RT 09 Perumahan Griya Dukuh Asri Salatiga.(M.Nur)

Iklan