Iklan

Iklan

,

Iklan

Tiga Unit LPIT Cahaya Umat Bergas, Ikuti Kegiatan Progam Nasional Imunisasi Campak dan Rubella

Redaksi
Jumat, 04 Agustus 2017, 17:32 WIB Last Updated 2017-08-04T10:34:56Z
Ungaran,harian7.com – Sebanyak 774 peserta didik di Lembaga Pendidikan Islam terpadu ( LPIT ) Cahaya Ummat Bergas mengikuti dan turut mensukseskan program nasional pemerintah imunisasi Campak dan Rubella.

Madya Sulisno ketua Yayasan Sosial Dakwah Nur Hidayah mengatakan, Kegiatan ini berlangsung dengan bekerja sama dengan Puskesmas Bergas, tiga unit LPIT yang berada dibawah naungan Yayasan Sosial Dakwah Nur Hidayah tersebut telah mewajibkan seluruh siswa untuk mendapatkan suntikan campak dan Rubella.

"Dalam di selenggarakan  kegiatan ini bertujuan untuk mensukseskan program imunisasi campak dan rubella yang dilaksanakan serentak di bulan Agustus ini ,“ tegas Madya Sulisno.

Lebih lanjut di jelaskan, Untuk unit PAUD IT dan SDIT Cahaya Ummat imunisasi telah dilaksanakan pada hari Selasa kemarin , sedangkan untuk unit SMPIT Cahaya Ummat dilaksanakan hari ini Kamis, 03 Agustus 2017.

Sementara Kepala sekolah SMPIT Cahaya Ummat, Pamuji Fitria Nugroho, S.Pd mengatakan, Pihaknya menyambut baik atas kerja sama dengan puskesmas Bergas untuk memberikan imunisasi vaksin campak dan rubella kepada para siswa.

"Imunisasi menjadi bagian dalam upaya menjaga kesehatan peserta didik agar memiliki kesehatan yang cukup memadai sehingga dapat mengikuti dan melaksanakan program pendidikan dan pembinaan dengan baik disekolah ,“ katanya.

Lebih lanjut Pamuji menjelaskan, kegiatan  imunisasi juga menjadi upaya preventif terhadap serangan virus dalam hal ini campak dan rubella yang bisa menyerang pada anak yang berusia sekolah, maupun ibu hamil.

"Secara nasional program atau gerakan imunisasi Measles dan Rubella ini sedang gencar dilaksanakan oleh kementrian kesehatan untuk menyasar anak usia sekolah, oleh karena itu sebagai program pemerintah kita turut menyukseskan program ini di sekolah,“Jelasnya.

Dalam pelaksanaan imunisasi campak dan vaksin rubella di SMPIT Cahaya Ummat, sekolah dibantu dua petugas puskesmas Bergas, yaitu Agustina Sri Wahyuni, S.S.T.Keb dan Yayuk Widarti, S.S.T. Keb
Yayuk Widarti salah satu petugas dari Puskesmas dalam kegiatan ini menegaskan, bahwa program nasional imunisasi campak dan rubella ini bertujuan untuk mengantisipasi supaya anak tidak terkenak penyakit campak dan rubella.

"Khusus untuk wanita, imunisasi ini bisa menghindarkan resiko cacat pada bayi yang dikandungnya ketika mereka dewasa nanti, “ tegasnya.

Sedangkan untuk laki – laki imunisasi ini berfungsi memberikan kekebalan tubuh supaya mereka tidak mudah terserang penyakit.Dijelaskan pula bahwa imunisasi ini diberikan untuk anak usia 9 bulan hingga 15 tahun dan semua anak wajib mendapatkannya.

"Kecuali anak yang secara khusus tidak diijinkan oleh orang tuanya, kami tidak akan memberikan suntikan imunisasi “ tegas Yayuk.

Ayuk menambahkan, Untuk bulan Agustus ini imunisasi ditujukan kepada anak – anak PAUD hingga SMP oleh karena itu kita bekerja sama dengan instansi – instansi pendidikan yang ada dikecamatan Bergas.
"Sedangkan untuk anak- anak balita imunisasi campak dan rubella akan diberikan secara serentak dibulan September nanti dan kami akan bekerja sama dengan ibu –ibu PKK dengan program pos yandunya ,“ tambahnya.

Dalam kesempatan itu petugas dari puskesmas Bergas juga memberikan obat paracetamol yang bisa diberikan kepada para siswa jika muncul efek samping dari pemberian suntikan imunisasi yang telah dilakukan.(Andi Kusuma)

Editor : Muza

Iklan