Iklan

Iklan

,

Iklan

Dampak Kelangkaan Garam, Harga Ikan Asin Melonjak

Redaksi
Selasa, 01 Agustus 2017, 14:59 WIB Last Updated 2017-08-01T07:59:38Z
Pedagang ikan asin di Pasar Bandarjo.
Ungaran, harian7.com - Harga berbagai macam jenis ikan asin mengalami kenaikan signifikan akibat harga garam mahal, dikeluhkan para pedagang dan pembeli di Pasar Bandarjo, Ungaran, Kabupaten Semarang.

Dampak dari langkanya garam di pasaran serta kenaikan harga yang mencapai tiga - empat kali lipat,  berimbas pada harga ikan asin ikut naik. Kenaikan harga ikan asin, selain kelangkaan dan naiknya harga garam, juga di sebabkan karena faktor cuaca yang kurang bagus, sehingga berdampak sulitnya para nelayan mencari ikan di laut khususnya jenis ikan yang di asinkan.

"Karena harga ikan yang naik cukup tinggi bahkan ganti harga membuat omset saya juga ikut menurun kok mas, para pelanggan khususnya bakul  yang biasanya beli tiga kilogram sekarang paling belinya cuman satu kilogram tiap harinya mas ," tutur Ningpur salah satu pedagang di Pasar Bandarjo, Ungaran, Kepada harian7.com, Senin (31/7).

Lanjut Ning, Akibat naiknya harga saat ini, ikan asin yang kami jual terbatas. Karena tidak berani menyetok seperti dulu.

"Imbas dari harga ikan asin yang ganti harga ini, saya sekarang tidak bisa stok macam -macam jenis ikan asin mas, kalau dulu di sini ikan asin yang saya jual paling komplit macamnya, tapi karena harga naik modal sayà sudah ndak cukup lagi. Paling saya kulakan yang paling banyak di cari para pembeli saja, itupun dengan stok terbatas ," imbuh Ning.

Hal senada juga di ungkapkan  Luky Kusumaningrum warga Perum Sidosari, Ungaran Timur. Menurutnya, sebagian pembeli sudah mengetahui naiknya harga ikan asin karena pengaruh dari harga garam yang mahal. Namun  juga ada yang protes, khususnya pedagang makanan siap saji, karena keuntunganya sangat mepet. Dalam hal ini masyarakat hanya bisa berharap agar cepat di dapat solusinya dan harga bisa kembali normal dan stabil lagi baik dari harga garam maupun harga ikan asin saat ini.

"Saya rugi mas karena mau saya jual lagi kok mas karena dirumah saya jual sambel ikan peda,harapan saya kepada pemerintah agar supaya harga garam dan ikan asin bisa normal lagi seperti dulu," ujar luky.

Adapun harga ikan asin saat ini, Untuk jenis ikan asin Jui sebelumnya harga Rp 10.000,- sekarang naik menjadi Rp 20.000,- sedangkan untuk jenis Petek sebelumnya harga Rp 15.000,- sekarang naik menjadi Rp 20 sampai 25.000,- untuk jenis ikan Layur sebelumnya harga Rp 50.000,- sekarang menjadi Rp 70.000,00 , untuk jenis ikan peda sebelumnya harga Rp 30.000,- sekarang menjadi Rp 35.000,- dan untuk jenis ikan Teri asin sebelumnya harga Rp 30.000,- sekarang menjadi harga Rp 40.000,00 per Kg.(Andi Kusuma)

Iklan