Iklan

Iklan

,

Iklan

Dalam Rangka Menyambut HUT RI ke 72, Warga Noborejo Gelar Parade Jawara Cemeti

Redaksi
Rabu, 16 Agustus 2017, 00:16 WIB Last Updated 2017-08-15T17:16:56Z
Salah satu peserta, saat unjuk kebolehan.
Salatiga,harian7.com - Di lingkungan RW 05, Nobo wetan, Kelurahan Noborejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga pada selasa siang (16/8) di adakan pagelaran Parade Jawara Cemeti se Kota Salatiga dan sekitarnya.

Acara ini di selenggarakan dalam rangka menyambut HUT RI Ke 72 serta untuk melestarikan budaya tradisional agar tidak punah di gerus oleh kemajuan jaman dan teknologi yang berkembang saat ini. Acara ini juga di isi hiburan group drumblek dari Noborejo sendiri dan kesenian kuda lumping .
"Saya sebagai warga dan penonton sangat senang serta bangga dengan adanya acara ini, selain sebagai hiburan untuk warga, juga untuk melestarikan kesenian tradisional yang nyaris terlupakan. Saya berharap acara ini bisa rutin di adakan," Ungkap Adi Susilo salah satu warga Nobo Wetan, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga.

Adi Menambahkan, Dengan di gelarnya parade jawara, di harapkan kedepannya daerah ini  bisa di kenal oleh masyarakat luar.

"Saya berharap pemerintah ikut campur tangan untuk mengembangkan dan membesarkan kesenian di daerah Nobo Wetan," Imbuh Adi Susilo.

Aria Panca Ariwana salah satu pelaku dan pencinta cemeti warga Klaseman Argomulya Kota Salatiga, kepada.harian7.com mengatakan,
Ada 8 group komunitas pencinta cemeti yang ikut memeriahkan dan mensukseskan acara ini. Setiap  group ada 4 pemain cemeti yang tampil. Mereka berasal dari Kota Salatiga sendiri serta daerah sekitar kota salatiga .

"Acara ini juga sebagai pengenalan kepada masyarakat bahwa di salatiga ada komunitas dan pemerhati seni pencinta cemeti, dalam permainan cemeti ini membutuhkan trik dan keahlian khusus dalam memainkan cemeti itu dari yang panjang antara 5 sampai 7 meter sedangkan yang sedang sepanjang 3,5 sampai 4 meter dan yang pendek sekitar 2 sampai 3 meter ,"katanya.

Selama acara berlangsung dengan lancar dan meriah. Hal itu terlihat dari jumlah pengunjung yang datang sangat banyak bahkan dari luar kota salatiga juga datang untuk menyaksikan pertunjukkan tersebut.(Andi Kusuma)

Iklan