Iklan

,

Iklan

 


Yuk..? Saat Liburan di Kabupaten Semarang, Sambangi Wisata Edukasi Batik di Desa Gemawang.

Redaksi
Kamis, 27 Juli 2017, 02:51 WIB Last Updated 2017-07-26T19:52:56Z
Ungaran,harian7.com - Apa yang pertama kali terlintas di pikiranmu saat mendengar tentang Kabupaten Semarang. Ya, selain di kenal dengan ke indahan wisata Rawa Pening, saat ini di wilayah ini banyak sekali wisata desa yang cocok untuk kita kunjungi di saat liburan.  Salah satunya wisata yang wajib kita kunjungi saat berkunjung ke Kabupaten Semarang adalah wisata desa yang bernuansa edukasi batik, yang berada di Desa Gemawang, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Selain wisata belanja, wisatawan juga dapat langsung belajar tentang batik lho..?

Produksi batik di Desa Gemawang sendiri sudah ada sejak tahun 2005, setelah adanya pelatihan dari sebuah yayasan yang mengajarkan teknik membatik dan saat ini sudah berkembang hingga ke beberapa kelompok perajin yang berproduksi.

"Alhamdulilah sampai tahun 2010 dan hingga saat ini, hasil produksi rumah batik di Desa kami sudah bisa menembus pasar luar negeri yaitu di Inggris dengan satu branded merk yang tidak bisa kita sebutkan yang ada di Solo mas," Ungkap Abdul choliq Fauzi salah seorang Pengrajin sekaligus pemilik salah satu rumah produksi di Desa Gemawang kepada harian7.com.

Lebih lanjut Abdul menjelaskan, Apabila masyarakat yang ingin belajar membatik di sini, juga di buka paket edukasi yang akan mengajarkan cara dasar membatik tulis di sapu tangan selama  tiga jam.

"Disini juga di sediakan paket belajar membatik dengan waktu selama tiga jam cukup dengan harga Rp 25.000,00 per orang dan minamal berjumlah 30 orang. Saat belajar semua bahan dan alat kita yang menyiapkan. Untuk wisata edukasi membatik ini sudah kita laksanakan sejak tahun 2009 sampai sekarang tapi mulai tertata dan terjadwal dengan rapi sejak tahun 2012 ," imbuh Abdul choliq.

Bagi para wisatawan yang berkunjung, jika berminat bisa langsung membeli di tempat produksi batik, karena disini juga di buka show room/gerai hasil batik Desa Gemawang .Di tempat ini juga menyediakan dan memproduksi semua jenis batik baik itu batik tulis dengan kombinasi  pewarna alam maupun sintetis juga batik cap.

"Disini kami sediakan aneka jenis batik dengan harga yang cukup fariatif, untuk batik cap di banderol dengan harga Rp 150.000 perpotong,sedangkan untuk batik tulis pewarna sintetis dengan harga bekisar antara Rp 500.000,00 hingga Rp 750.000,00 sedangkan untuk harga batik tulis dengan pewarna alam harga bisa mencapai satu juta rupiah ke atas tergantung selera dan kemauan konsumen mas perpotongnya karena kita sudah menyiapkan kain dengan ukuran tertentu bukan permeter,"jelasnya.

Untuk proses produksi jenis batik tulis pewarna alam membutuhkan waktu yang cukup lama antara dua sampai lima minggu, Sedangkan batik tulis pewarna sintetis membutuhkan waktu sepuluh hari prosesnya sampai jadi kain batik, sedangkan untuk batik cap lebih cepat proses produksinya hanya butuh beberapa hari saja.(Andi Kusuma)

Iklan