Iklan

Iklan

,

Iklan

Tingkatkan Kualitas Petani, PKS Salatiga Luncurkan Sekolah Tani

Redaksi
Rabu, 03 Mei 2017, 22:17 WIB Last Updated 2017-05-03T15:17:51Z
Salatiga,harian7.com - PKS Salatiga meluncurkan program sekolah tani, Jumat (28/4) lalu di kediaman Awaludin Isnaeni yang beralamat di Nanggulan Tingkir Salatiga.

Peluncuran sekolah tani ini diikuti oleh 25 petani di Kota Salatiga. Ada yang petani dengan kepemilikan lahan sawah, lahan tegalan, hingga lahan pekarangan.

Sebagai tanda dimulainya program sekolah tani, Titik Anggraeni, Sekretaris Umum PKS Salatiga memotong tumpeng kemudian diberikan kepada Siti Khoiriyah, Ketua Bidang Petani, Pekerja, dan Nelayan (BPPN) PKS Salatiga.

Dalam sambutannya, Titik Anggraeni menyampaikan bahwa program ini digulirkan sebagai bentuk dukungan PKS terhadap pengembangan usaha pertanian di Kota Salatiga.
“PKS menaruh perhatian yang besar terhadap upaya peningkatan kesejahteraan para petani. Meskipun sekolah tani ini bersifat informal, silakan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk saling berdiskusi dan bertukar pengalaman di bidang pertanian,”kata Titik Anggraeni.

Sekolah tani ini merupakan bentuk sekolah informal berbasis pemberdayaan masyarakat. Dalam kegiatannya para petani bisa berdiskusi saling bertukar ilmu dan pengalaman. Selain itu juga akan diberikan pelatihan secara berkala dan mempraktikkan langsung dari hasil pelatihan.
Sebagai pembimbing langsung di bawah Awaludin Isnaeni dan Siti Khoiriyah. Keduanya merupakan pasangan suami istri lulusan pertanian dan sekarang memiliki usaha toko pertanian Prima Tani.

Lebih lanjut, Awaludin Isnaeni menambahkan dengan adanya program kartu tani yang digulirkan oleh pemerintah, ia menegaskan akan membantu memberikan kemudahan bagi para petani.
Dengan program itu tentu banyak kendala dikarenakan keterbatasan pemahaman para petani. Oleh karenanya ia siap untuk memberikan sosialisasi ke kelompok tani yang ada dan siap untuk membantu supaya program bisa berjalan dan petani merasa mendapatkan manfaat dari adanya kartu tani tersebut.

“Satu lagi Bapak-bapak tentang program dari pemerintah tentang adanya kartu tani. Karena program itu cukup rumit maka untuk memberikan kemudahan kami siap untuk mensosialisasi kepada kelompok tani yang ada. Untuk tahap awal mohon para petani yang memiliki kartu tersebut untuk melakukan pendataan nama dan nomor pin dari kartu tersebut. Selanjutnya berbasis kelompok tani nanti akan kami bantu untuk registrasi,” tandasnya.(Dwi P/M.Nur)

Iklan