Iklan

Iklan

,

Iklan

Dua Gunungan Merti Bumi Serasi Dikirab Dari Desa Pager Kaliwungu

Redaksi
Senin, 13 Maret 2017, 17:21 WIB Last Updated 2017-03-13T10:21:27Z
Dua Gunungan dikirab dalam Merti Bumi Serasi di Kaliwungu.
UNGARAN, harian7.com - Kirab Merti Bumi Serasi Sengkuyung Gotong Royong dalam rangkaian peringatan HUT ke-496 Kabupaten Semarang digelar oleh Dewan Kesenian Kabupaten Semarang (DKKS) di Karang Kepoh, Desa Pager, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Semarang, Senin (13/3).  Dalam pelepasan kirab yang berupa dua gunungan hasil bumi ditandai dengan penyerahan kendi berisi air dari tujuh mata air oleh Camat Kaliwungu Otter Sukamto kepada Ketua DKKS Sarwoto Ndower.
          "Merti Bumi Serasi ini dilaksanakan untuk mengajak masyarakat dalam menggelorakan semangat gotong royong. Dan kali ini khususnya sebagai rangkaian peringatan HUT Kabupaten Semarang. Dua gunungan tersebut berisi hasil bumi warga dan ini sebagai perwujudan perjalanan ritual budaya dengan tujuan membangkitkan kembali semangat bergotong royong, " jelas Sarwoto Ndower, Ketua DKKS disela pembukaan kirab dua gunungan.
         Ditambahkan, bahwa tujuan lain adalah untuk mempererat silaturahmi warga dengan Pemkab Semarang maupun dengan sesama warga.
        Sementara, Camat Kaliwungu Otter Sukamto menyatakan bahwa dipilihnya Dusun Karang Kepoh Desa Pager ini karena desa ini merupakan salah satu saksi sejarah perjalanan pemerintahan Kabupaten Semarang. Saat dua gunungan ini dikirab, ratusan warga memenuhi sisi kanan kiri jalan yang dilewati. Sambutan warga sangat antusias. (HERU/M.NUR)

Iklan