Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Ratusan Warga Gondangsari Gelar Tumpengan Dalam Rangka Merti Dusun

Redaksi
Minggu, 05 Februari 2017, 10:54 WIB Last Updated 2017-02-05T04:05:09Z
Saat acara "Merti Desa" Berlangsung.
Ungaran,harian7.com - Masyarakat Dusun Gondangsari, Desa Rowoboni, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang mengadakan acara tradisional bersih dusun dan selamatan yang lebih dikenal dengan istilah 'Merti Dusun', dengan berbagai rangkaian acara dimana acara puncaknya adalah menggelar selamatan bersama yang di lanjutkan dengan hiburan di Gedung Pelestarian Budaya setempat, Minggu (5/12) pagi sekira pukul 07.30 WIB.

Tradisi ini merupakan salah satu bentuk syukur warga masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan limpahan berkat serta rezeki. Salah satu bentuk ucapan syukur tersebut di wujudkan dengan berbagai ragam aneka tumpeng "slametan" yang berisi berbagai hasil bumi, seperti sayuran dan lain-lain.

Dalam acara ini turut di hadiri Kepala Desa Rowoboni, Agus Salim, tokoh masyarakat dan ratusan warga setempat serta Babinkamtibmas dari Polsek Banyubiru, Aiptu Bambang. Acara tumpengan tersebut berlangsung dari pukul 7.30 WIB hingga selesai.

Dalam sambutanya Kepala Desa Rowoboni Agus Salim mengajak semua masyarakat untuk bersama sama memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta menghimbau untuk saling serta menjaga kelestarian alam dan juga menjaga kerukunan sesama warga.
"Mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT agar senantiasa kita semua di berikan perlindungan serta rezeki yang melimpah atas dapat digelarnya acara ini," ungkap Agus.

Slamet Riyadi (34) warga setempat mengatakan, Acara "Merti Dusun" ini sudah menjadi acara tradisional masyarakat yang sudah rutin di gelar setiap tahunya.
"Acara ini sudah berlangsung sejak jaman dulu hingga sekarang,jadi sudah biasa dan menjadi acara yang sakral bagi masyarakat Gondangsari," ungkap Riyadi di sela-sela acara.(M.Nur)

Iklan