Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Polres Salatiga Amankan Ratusan Jenis Obat Kuat Ilegal

Redaksi
Sabtu, 25 Februari 2017, 05:14 WIB Last Updated 2017-02-24T22:14:15Z
Waka Polres Salatiga Kompol Dyah menunjukkan obat kuat ilegal yang disita petugas.
SALATIGA, harian7.com - Ratusan obat kuat ilegal yang diduga tidak miliki ijin resmi dan dijual bebas di wilayah Kota Salatiga berhasil diamankan petugas dalam ‘Razia Gabungan Polres Salatiga’, kemarin. Sasaran razia adalah para penjual obat kuat di Salatiga. Dalam razia ini, petugas berhasil mengamankan obat kuat illegal dari dua penjual obat, yaitu Rahmanto (30) penjual obat di Jalan Soekarno-Hatta, tepatnya di depan pabrik tekstil PT Damatex Salatiga. Laalu, dari Purwanto (24) yang berjualan obat di depan Ponpes Anida Jalan Sooekarno-Hatta, daerah ABC, Salatiga.
            Waka Polres Salatiga Kompol Dyah Wuryaning Hapsari SH mengatakan, bahwa razia yang digelar ini khusus pada penjualan obat-obat kuat yang diduga illegal dan dipasarkan di Salatiga. Penjualan obat kuat ini diduga tidak memiliki ijin resmi dan obat-obatnya pun sebagian besar obat kuat produk ekspor.
            “Obat kuat yang dijual bebas di Salatiga ini diduga tidak memiliki ijin resmi. Obat-obat illegal ini sangat membahayakan kesehatan jika dikonsumsi oleh masyarakat,” kata Kompol Dyah Wuryaning Hapsari didampingi Kasat Binmas AKP Didik Budiono.
Sementara, Kabid Kesehatan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga, Dokter Parasit Al Hakim menyatakan, bahwa aneka jenis obat kuat yang dijual bebas itu tidak mempunyai ijin edar resmi. Sebagian besar merupakan produk ekspor dan ini berbahaya jika dikonsumsi masyarakat. Bahkan, untuk mendapatkan obat ini sangat mudah sera dijual bebas tanpa menggunakan resep dokter.

“Obat-obat  iilegal itu bukan produk asli dan disinyalir merupakan produk tiruan atau palsu. Sekali lagi, obat illegal ini sangat berbahaya khususnya pada jantung,” tandas Dokter Parasit di Polres Salatiga. (Heru)

Iklan